5 Jabatan Politik Ganjar Pranowo

 

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo (Calon Presiden 2024)

Fakta jabatan politik Ganjar Pranowo dari anggota komisi DPR RI, Gubernur Jateng hingga Capres 2024 , Ganjar Pranowo lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia pada 28 Oktober 1968 seorang politisi. Suami dari Hj Siti Atikoh Supriyanti. Beliau juga dahulunya pada masa remaja bersekolah di SMP Negeri 1 Kutoarjo yang saat ini menjadi SMP Negeri 3 Purworejo lanjut ke jenjang sekolah menengah atas yakni SMA Bopkri 1 Yogyakarta selama beliau bersekolah dan menjadi murid SMA sangat aktif dalam kegiatan kepramukaan (Dewan Ambalan) 

5 Jabatan Politik Ganjar Pranowo

Jabatan politik Ganjar Pranowo di Indonesia tidaklah mulus kawan, rupanya beliau pernah tak lolos saat mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI pada pemilu 2004, namun Ganjar Pranowo menerima tugas sebagai pengganti antar waktu (PAW) tuk menggantikan rekan separtainya yang saat itu sedang berada dalam pemilihan yang sama di Jawa Tengah 7 Jakob Tobing.

Pada tahun 2009 Ganjar Pranowo menjadi anggota DPR-RI periode 2004-2009 ia bertugas sebagai komisi IV mengawasi bidang seperti pertanian,perkebunan,kehutanan,kelautan,perikanan, dan pangan. Beliau pun menjadi ketua Pansus Ruu tentang partai politik di DPR RI tahun 2007-2009 jabatan ini sempat dijabat ketika masih bertugas sebagai anggota komisi IV DPR RI


gubernur jawa tengah
Gubernur Jawa Tengah

1.   1.   Wakil Ketua komisi II DPR RI 2009-2013, di tahun 2009-2010 menjadi anggota pansus angket bank century sempat juga ditugaskan jadi anggota panitia khusus hak angket bank century selama tahun 2010-2013 Ganja Pranowo menjadi anggota timwas century di DPR RI


2.       Anggota badan legislasi DPR RI sampai tahun 2010, Sekretaris Fraksi PDIP MPR RI periode 2007-2009 bersamaan beliaupun menjadi wakil sekretaris fraksi PDIP DPR RI


3.       Gubernur Jawa Tengah mencalonkan diri pada tahun 2013 dengan wakilnya Heru Sudjatmoko beliau menang di pemilihan Gubernur Jawa Tengah ke 15 dengan masa jabatan dari 2013-2018


4.       Mencalonkan diri kembali sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023 dengan wakil Gubernurnya Taj Yasin Maimoen.


5.       Mencalonkan diri sebagai Calon Presiden RI 2024 berpasangan dengan Mahfud MD
 

Pencapresan 2024

Ganjar Pranowo & Mahfud MD (capres & cawapres 2024)


Menurut wikipedia di tanggal 21 April 2023, Ganjar Pranowo rupanya telah resmi diusung sebagai calon presiden Indonesia oleh ketua umum PDI Perjuangan yakni Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis. Juga turut dihadiri Presiden ke 7 Joko Widodo. Kalau kita kembali melihat deretan sejumlah jabatan dari Ganjar Pranowo ini banyak juga ya dan beliau pun telah memberikan kontribusi untuk Indonesia dari tahun 2004 sampai saat ini. Bahkan saat beliau menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah banyak sekali gebrakan nyata disetiap tugas yang ia jalankan sebagai Gubernur. Tidak salah bila Ganjar Pranowo diusung sebagai bakal Calon Presiden 2024 dari partai politik yang beliau ikuti.

Jabatan politik Ganjar Pranowo yang dari menjadi anggota DPR RI, Gubernur dan bakal Calon Presiden 2024 bisa menjadi jembatan beliau mengetahui semua yang dibutuhkan untuk Indonesia kedepannya siapapun nanti yang akan menang semoga bisa menjadikan dan meneruskan perjuangan presiden terdahulunya kalau menurut kalian hai pembaca setia blogku ini bagaimana sih pandangan politik kalian sebagai masyarakat Indonesia tentang calon presiden 2024 bila kalian membaca dari awal tulisan ini sudah tahu ya jam terbang Ganjar Pranowo di dunia politik seperti apa.

Pendidikannya pun cukup baik ya kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan juga raih gelar S2 di jurusan ilmu politik Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Indonesia. Begitu panjang perjalanan karier beliau dalam dunia politik sudah terlihat saat masa SMA ya suka dengan kegiatan sosial keren sih kalau bagi aku ya hihihi. Seperti itulah ya 5 Jabatan Politik Ganjar Pranowo di Indonesia.


Referensi ; Wikipedia, Sindonews

Foto Credit ; Google

Komentar